Sabtu, 09 Juli 2011

MEMBUAT JARINAN LAN

A. MELAKUKAN KOMUNIKASI DATA ANTAR KOMPUTER DALAM LAN

LAN ( Local Area Network ) merupakan jaringan dalam suatu kompleks perkantoran dengan jumlah komputer mulai dari puluhan sampai ratusan. Kumpulan dari LAN akan membentuk WAN, perhatikan gambar di bawah ini.

Jaringan LAN mungkin untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain dalam satu lingkup perkantoran.

B. KABEL DATA

Media pengiriman data dapat berupa udara, kabel, dan cahaya. Media kabel seperti telah dibahas terdiri dari 4 macm, yaitu kabel Koaksial, kabel UTP, Kabel Serat Optik, dan udara.

1. Kabel Tick Koaksial biasanya digunagakan untuk Internet antar gedung. Kabel ini kenal sebagai kabel RG – 8 yang memilik daya jangkauan 500 s/d 2500 meter.

2. Kabel Thin Koaksial digunakan untuk jaringan antara Work Station, yang dikenal juga dengan nama RG – 58 kabel ini paling banyak digunakan untuk LAN dengan topologi bus dan topologi ring. Dapat menjangkau dengan mencapai 500 meter.

3. Serat Optik adalah kabel komputer yang dapat mengalirkan cahaya. Kabel ini sangat efektif, karena kecepatan transfer datanya yang sangat tinggi, factor penghambat yang sangat rendah, dan daya jangkauannya dapat mencapai ratusan kilometer. Cara kerja serat ini menggunakan prinsip pemantulan sempurna cahaya dan prinsip dualisme gelombang partikel.

4. Di udara terdapat ratusan sampai ribuan gelombang yang bergerak dengan berbagai frekuensi, salah satunya adalah gelombang electromagnetic atau dikenal dengan nama gelombang EM. Gelombang ini terdiri dari beberapa macam, gelombang radio, tv, radar, dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar